Jumat, 07 September 2018

bauran pemasaran


"Sari Roti"


Produk "Sari Roti" diproduksi oleh PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk yang berdiri pada tahun 1995 di Indonesia. Produk yang dihasilkan berupa roti dengan bentuk dan rasa yang beragam dalam kemasan plastik.
FOBS memberikan asumsi analisis Strategi produk ini dengan metode bauran pemasaran (5P) dengan sasaran segmen kepada anak-anak.

*PRODUCT
Dari segi produk, untuk segmen anak2,
-produk ini dibungkus dengan desain yang unik dan lebih berwarna sehingga menarik perhatian konsumen khususnya anak2.
-bonus tambahan berupa 1 bungkus susu atau varian produk lain (sosis) yang memberi rasa tambah yang lebih bermanfaat dan memberi rasa kenyang.

*PLACE
-Penyampaian produk kepada konsumen anak-anak dilakukan di sekolah, di taman bermain, kursus belajar, ataupun restoran.
-Pelayanan kepada konsumen, apabila produk telah kadaluarsa (tidak layak untuk dikonsumsi) dapat ditukar kembali dengan produk yang baru.


*PRICE
-Pemberikan diskon harga produk kepada pembeli anak-anak ataupun kepada orang tua yang membawa anak2.
-Pemberian potongan harga untuk produk baru yang ditukar karena telah kadaluarsa.


*PROMOTION
-Produk ini ditawarkan kepada anak-anak TK maupun sekolah dasar dengan metode pengenalan akan pola makan sejak dini.
-Pemberian bonus bagi setiap pembeli yang membeli produk dengan kuantitas yang banyak. (give more if the buy more)

dan yang terakhir adalah Psycology Consumer, yaitu cara untuk mengubah sikap dan pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk. Apabila suatu produk mulai dikonsumsi dari sejak dini, akan mempengaruhi pola hidup konsumen ke depan-nya.


1.     Produk (product)

Tango Wafer merupakan wafer renyah yang dibuat dengan resep asli dan bahan-bahan pilihan yang berkualitas, sehingga menghasilkan kemurnian, kelembutan, dan kesempurnaan rasa. Tango Wafer terdiri dari dua jenis varian produk yaitu Tango Original Wafer dan Tango Less Sugar. Hingga saat Tango Wafer terus berinovasi dalam menciptakan berbagai variant rasa serta memberikan kenikmatan dan kesempurnaan rasa untuk konsumen.
Tango Original Wafer merupakan wafer yang renyah dan berkualitas dengan ukuran one bite size yang pas untuk dikunyah. Saat ini Tango Original Wafer tersedia dalam lima varian, yaitu :

1. Wafer Tango Chocolate
Resep rahasia asli dari keahlian seorang Master Chocolate menghasilkan kombinasi mewah wafer renyah, chocolate cream premium, dan susu lezat di setiap gigitan.

2. Wafer Tango Susu Vanilla
Temukan perpaduan lezat kebaikan gizi susu, kerenyahan mantap wafer Tango dan kelembutan mewah rasa vanila di setiap gigitan.
3. Wafer Tango Strawberry Jam
Kesegaran buah stroberi yang manis dalam kelezatan wafer Tango Strawberry yang renyah dan legit. Keaslian rasa selai stroberinya membuat kenikmatan yang tak habis-habisnya.
4. Wafer Tango Kurma Madu
Renyah, manis dan keaslian rasa kurma dengan sentuhan madu yang manis dan segar membuat wafer ini semakin menggiurkan dan lezat tak tertahankan.
5. Wafer Tango Royale Vanilla Black
Perpaduan sempurna wafer Chocolate dan kelembutan krim vanila yang lezat, membawa anda menjelajahi kenikmatan tiada tara.
6. Wafer Tango Royale Cappuccino
Wafer rasa Italian Cappuccino yang dipadu dengan kerenyahan wafer yang membuat wafer ini terasa mewah di setiap gigitannya.
7. Wafer Tango Fusion Chocolate Milk
Kemewahan rasa di setiap gigitan, perpaduan sempurna dari resep rahasia. Coklat premium dikombinasikan dengan susu vanilla disatukan dalam kerenyahan layer wafer yang berlapis-lapis.
8. Wafer Tango Less Sugar
Merupakan wafer vanilla dan cokelat yang enak dan renyah untuk hidup yang lebih sehat. Tango Less Sugar dipersembahkan bagi konsumen yang ingin mengkonsumsi wafer namun peduli akan kesehatan dan menjaga kadar gula dalam darah.
9. Tango CrunchCake
Kelezatan yang hadir dalam bentuk segitiga sempurna dengan kemewahan coklat premium yang berlimpah di atas keharmonisan lapisan wafer dan waffle.


2.    Distribusi (place)
Pendistribusian adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah penyampain produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperluka.

a.      Saluran Distribusi
Dalam tango menggunakan distribusi yang tidak hanya melalui supermarket, tetapi juga kepada toko-toko agar lebih mudah dijangkau oleh konsumen.
b.      Jangkauan
dapat di jangkau di seluruh indonesia

3.    Harga (price)
Harga adalah apa yang harus diberikan oleh pembeli untuk mendapatkan suatu produk (Lamb,dkk, 2001:56). Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk bagi konsumen maupun bagi produsen yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).

Harga untuk tango sendiri berbeda-beda, sesuai dengan besarnya ukuran (gram).
a.      Daftar Harga
Tentu daftar harga juga sangat penting dicantumkan dalam produk untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian atau perhitungan. Berikut beberapa daftar harga Blue Band:
§  10 gram     Rp 500
§  20 gram     Rp 1.000
§  80 gram     Rp 2.500
§  114 gram   Rp 5.000
§  171 gram   Rp 10.000






4.    Promosi (promotion)
Menurut Kotler dan Amstrong (2001:74),  promosi merupakan aktivitas mengkomunikasikan keunggulan produk serta membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya. Peran promosi dalam bauran pemasaran adalah menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang dituju melalui penyampaian informasi mendidik, membujuk, atau mengingatkan mereka akan manfaat suatu organisasi atau suatu produk.

Tango Wafer bekerja sama dengan Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI), Tango Peduli Gizi telah berhasil dilaksanakan di Nias (Sumatra Utara) dan Ruteng (Nusa Tenggara Timur). Tahap pertama program Tango Peduli Gizi di Nias dilaksanakan dalam pada bulan Juli – Oktober 2011 untuk 10 keluarga. Tahap kedua dilaksanakan pada November 2011 – Februari 2012 utuk 15 keluarga. Secara keseluruhan,program ini mencakup 25 keluarga Nias dimana anak-anak yang mengalami gizi buruk telah dinyatakan sembuh setelah mengikuti program BPG pada tahun 2010, dan menyatakan komitmennya untuk membantu keluarga lain dalam memberantas gizi buruk.
Promosi produk tango sendiri dilakukan tidak hanya melalui media televisi tapi juga melalui media cetak (Koran, majalah).


Bauran Pemasaran
a.       Produk
Anda yang mengidam-idamkan tampil maksimal di lapangan hijau bisa mendapatkan seri Nike Mercurial terbaru di toko ini. Tak hanya memberikan inovasi paling canggih dalam sepatu sepakbola, Nike Mercurial pun terbukti telah mendapatkan masukan positif dari para pemain tercepat di dunia seperti Mesut Ozil dan Christiano Ronaldo. Anda yang menggemari olahraga lari bisa dipuaskan dengan Nike Free Run +2 yang dikenal berkonstruksi sangat ringan tanpa mengurangi perlindungan terhadap kaki. Semua dikreasikan dengan sisi kreatif yang sangat mencolok sehingga amat cocok bagi Anda penyuka gaya urban dan dinamis.
Tidak hanya melayani kebutuhan para atlet sejati, Anda yang menyukai gaya casual pasti akan menemukan produk-produk Nike klasik seperti Cortez dan Grand Slam Polo yang lebih sesuai dengan gaya hidup santai dan berkualitas.
b.      Harga
Salah satu cara Nike Indonesia untuk memuaskan pelanggan adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga. yang terletak di seluruh kota Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali selalu menggelar program diskon sepatu setiap periode-periode tertentu. Berbagai sepatu, kaus pria dan wanita serta jaket mendapatkan harga terbaik. Misalnya, sepatu Nike Dunk yang semula seharga Rp 1,1 jutaan kini menjadi Rp 800 ribuan. Sedangkan tipe Nike Dunk Low harga semula Rp 749 ribu menjadi Rp 525 ribu. Sepatu tipe Air Max seharga Rp 959 ribu kini menjadi Rp 671 ribu. Untuk sepatu tipe Air Force menjadi Rp 900 ribuan dari harga Rp 1,2 jutaan. Tidak hanya sepatu berbagai kaus dan jaket juga didiskon 30%. Jaket berbahan parasut untuk wanita seharga Rp 729 ribu menjadi Rp 510 ribu. Sedangkan berbagai pilihan kaus pria harga mulai Rp 200 ribuan hingga Rp 300 ribuan.
c.       Tempat
Setiap outlet Nike Indonesia menikmati lokasi yang strategis dalam setiap kota-kota besar di Indonesia dan beberapa kota kecil seperti Madiun, Kediri, dan Magelang. Setiap outlet telah direncanakan dan diposisikan  untuk memenuhi kebutuhan  pelanggan Nike Indonesia di setiap daerah tertentu. Di Kota Yogyakarta sendiri terdapat outlet Nike Indonesia , yaitu di Ambarukmo Plaza lantai dua.  Lokasi yang ini  sangat strategis, karena berdekatan dengan beberapa sekolah dan perguruan tinggi, keramaian kota dan jalur transportasi. Selain itu, juga  merupakan salah satu Mal yang memiliki banyak pengunjung sehingga memberikan  pengaruh  positif bagi Nike Indonesia. Selain tempat atau lokasi yang strategis, Nike Indonesia juga berusaha untuk menciptakan outlet yang nyaman bagi setiap pelanggan yang datang. Kenyamanan tersebut selain dari pelayanan prima juga diciptakan melalui segi design dan interior yang baik.
d.      Promosi
Tidak terbatas pada online saja, Nike Indonesia juga melakukan  promosi dengan menjadi sponsor dalam event besar seperti event sepakbola nasional dan icon Nike Indonesia salah satunya Bambang Pamungkas pemain sepak bola persija Jakarta. Manfaat yang didapatkan dari promosi tersebut akan membuat pelanggan semakin  loyal kepada Nike Indonesia dan lebih memilih untuk membeli kebutuhannya di took-toko nike lainnya.













Maka dapat dirumuskan persaingan di pasar minuman isotonik ditinjau dari konsep marketing mix (Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi) adalah sebagai berikut:
1. Product
Minuman isotonik merupakan produk yang tergolong baru di dalam industri minuman kesehatan dimana Pocari Sweat sendiri merupakan pelopor dari minuman isotonik di Indonesia dan hingga kini masih sebagai pemimpin pasar. Akan tetapi meski begitu, penting bagi Pocari Sweat untuk tetap mengawasi pergerakkan para pesaing. Oleh karena dalam industri ini peluang masih terbuka lebar, dimana permintaan terus tumbuh. Pada kenyataannya, sampai sejauh ini dari sisi produk, para pemain minuman isotonik tidak menawarkan manfaat yang bervariasi, secara umum manfaat sebatas pengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas. Variasi yang ada sejauh ini bersifat incremental, misalnya penambahan vitamin, rasa, dan kemasan.
2. Price
Selain itu, dari sisi harga, pesaing yang ada kebanyakan menyerbu pasar minuman isotonik dengan harga yang relatif lebih murah dibanding Pocari Sweat. Kompetisi di segmen menengah ke bawah ini, untuk saat ini belum dirambah sepenuhnya oleh Pocari Sweat. Hal tersebut terkait dengan keputusan strategis yang diambil oleh manajemen bahwa Pocari Sweat tidak bersaing dari segi harga namun dari segi nilai dan manfaat produk. Akan tetapi, dalam rangka untuk tetap mengimbangi minuman isotonik merek lain yang harganya lebih murah, Pocari Sweat ukuran botol telah diluncurkan ke pasar dan diperkirakan produksinya akan bertambah.
3. Promotion
Dari sisi promosi, Pocari Sweat menetapkan strategi komunikasi pemasaran yang bersifat edukatif, mengandalkan transfer product knowledge pada konsumen. Hal inilah yang masih memegang kunci dalam komunikasi pemasaran dari Pocari Sweat, yang juga memiliki keunggulan dibanding para pesaing karena kegiatan ini telah lebih dulu dilakukan Pocari Sweat dengan posisinya sebagai pelopor.
Sementara itu, media iklan-lah yang menjadi semacam medan pertempuran dari pemain minuman isotonik di Indonesia. Hal ini terkait dengan strategi untuk meningkatkan brand awareness dari konsumen terhadap merek lain selain Pocari Sweat. Secara kasat mata melalui media iklan ini, dapat dilihat bahwa dalam persaingan minuman isotonik terdapat perbedaan segmen masyarakat yang dituju oleh para pemain. Pocari Sweat lebih banyak memposisikan diri sebagai minuman olahraga dan minuman kesehatan untuk keluarga. Sedangkan, kebanyakan pesaing memposisikan diri sebagai minuman pemulih energi untuk kalangan muda yang sedang studi dan bekerja, disini jarang ditampilkan minuman isotonik sebagai minuman untuk keluarga.
4. Place
Dari sisi distribusi, hampir semua pemain di pasar minuman isotonik menggunakan channel distribution modern dan tradisional. Dalam hal ini, terlihat kesamaan cara pandang untuk membentuk persepsi konsumen bahwa minuman isotonik sebagai minuman konsumsi sehari-hari dan bukan minuman yang bersifat ocassional. Di tengah persaingan yang kompetitif inilah, Pocari Sweat yang telah membangun jalur distribusi sejak tahun 1990-an harus menghadapi para pesaing yang memanfaatkan jalur distribusinya. Yang meliputi seluruh wilayah Indonesia.









1. Produk
Sosro mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh untuk meminum teh dalam kemasan botol dan dengan diasajikan dingin. Karena pada awal kemunculan produk, masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk minum teh yang disajikan panas. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan Sosro membuahkan hasil baik, sehingga Sosro dikenal sebagai minuman teh dalam kemasan botol yang dapat memberikan kesegaran. Dalam perkembangannya, untuk bersaing dengan competitor Sosro mulai melakukan kampanye bahwa dengan mengkonsumsi teh akan membuat tubuh menjadi sehat, karena teh mengandung anti oksidan. Hal ini menambah keunggulan kompetitif dari Sosro.
Brand Sosro telah terbentuk melalui proses yang panjang. Sosro telah berhasil mengembangkan merek Teh Botol Sosro menjadi merek dengan brand equity yang kuat. Beberapa hal yang dapat dicermati dalam pembentukan brand equity ini adalah :
  1. Brand Awareness yang dimiliki Teh Botol Sosro dapat dikatakan telah memasuki tingkatan top of mind. Hal ini dapat dilihat dari Teh Botol Sosro dapat menjadi pemimpin pasar dalam kategori teh siap minum dalam kemasan botol.
  2. Perceived Quality dari Teh Botol Sosro telah terbukti selama puluhan tahun. PT. Sinar Sosro telah berhasil menjaga kualitas produk ini sehingga mendapat anggapan baik dari konsumen.
  3. Brand Association dari Teh Botol Sosro kuat, dapat dilihat bahwa ketika orang menyebut teh botol kemudian yang menjadi maksud dari teh botol itu sendiri adalah Teh Botol Sosro.
  4. Brand Loyalty dari Teh Botol Sosro juga kuat. Ini merupakan hasil dari pengembangan saluran distribusi, menjaga kualitas, dan strategi promosi yang dilakukan dengan jargon “apapun makanannya minumannya teh botol sosro”.
Hasil dari brand equity yang kuat ini telah dirasakan oleh Sosro yaitu memudahkan PT. Sinar Sosro untuk melakukan pengembangan pasar dengan mengenalkan produk Fruit Tea untuk kalangan muda dan Tebs untuk pengkonsumsi minuman berkarbonasi, selain itu PT. Sinar Sosro juga menikmati profit margin yang lebih besar, yang terlihat dari profit margin antara agen dan distributornya .
Ada Hal menarik untuk brand Teh Botol Sosro karena dengan penggunaan kata “Teh Botol” kemudian memberikan asosiasi pada Sosro sendiri, yang menjadi keunggulan dari brand ini, sehingga tidak menjadi merek biasa. Selain itu kekuatan brand equity harus dijaga agar tetap bisa menghadapi kompetisi yang semakin ketat, karena ketika sebuah poduk dari sebuah produsen berhasil maka kemudian produsen lain akan mengeluarkan produk serupa. Hal ini terjadi pada munculnya teh dalam botol dari bermacam-macam produsen seperti
Rasa teh asli yang kini bervariasi dengan ditambahkan daun teh melati.
2. Harga
antara Rp 3000,00 hingga Rp 7000,00.
3. Tempat
Sosro mencakup hampir seluruh wilayah nasional mulai dari Batam, Jabotabek, Jabar, Jatim, hingga Kalimantan dan Sulawesi. Bahkan teh dalam kemasan botol Sosro diekspor ke Australia, Vietnam, Brunei Darussalam dan Amerika Serikat.
( Supermarket,  minimarket bahkan warung .
4. Promosi
iklan-iklan sosro yang terlihat di berbagai stasiun televisi, internet, majalah, surat kabar, radio, dan berbagai acara-acara besar maupun kecil.



















  1. Product
Product adalah segala sesuatu ( barang atau jasa ) yang ditawarkan kepada masyarakat untuk mendapatkan perhatian, pembelian, atau dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jadi bentuk jasa yang akan saya pilih untuk paper ini adalah sebuah jasa pengiriman (kurir) yang baru saja hadir di kota Banda Aceh yaitu J&T Express. J&T atau JNT dan yang pasti bukan JET karena ini ekspedisi sebelah yang mirip namanya adalah ekspedisi baru yang cukup melejit namanya dan sudah menjadi partner resmi beberapa situs eCommerce.  J&T Express langsung menerima orderan yang sangat lumayan banyak, bahkan J&T Express mampu bersaing dengan pendahulunya yaitu TiKi & JNE.

  1. Price
Price adalah sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Berikut J&T Express dalam hal tarif pengiriman dari Banda Aceh kekota besar di Indonesia maupun sebaliknya :
Banda Aceh – Jakarta                                                 : Rp 27.000
Banda Aceh – Bandung                                             : Rp 30.000
Banda Aceh – Surabaya                                             : Rp 38.000
Banda Aceh – Medan                                                : Rp 20.000
Banda Aceh – Bali                                                     : Rp 37.000
Banda Aceh – Gorontalo                                           : Rp 51.000
Banda Aceh – Makassar                                             : Rp 42.000
Banda Aceh – Palembang                                          : Rp 38.000
Banda Aceh – Bandar lampung                                  : Rp 38.000
Banda Aceh – Batam                                                 : Rp 38.000
Banda Aceh – Padang                                                : Rp 38.000



  1. Place
Place merupakan kegiatan bisnis untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang tepat. Tempat usaha yang digunakan sebagai tempat usaha oleh J&T Express : Jl. TWK Moch Daudsyah No.2 Peunayong Banda Aceh, Peunayong, Banda Aceh, Kota Banda Aceh, Aceh. Ini adalah tempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat Kota Banda Aceh.

  1. Promotion
Promotion adalah kegiatan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa pada pasar sasaran, untuk membangun persepsi pelanggan mengenai produka atau jasa yang ditawarkan.
Promosi yang dilakukan oleh  J&T Express adalah sebagai berikut :
  • Spanduk
  • Sosial Media
  • Stiker
  • Poster
  • Baliho
  • Mulut ke Mulut
  • Surat Kabar ( Media Cetak )

  1. People
People adalah pelaku yang memainkan peran penting dalam penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Bagaimanapun kemajuan teknologi, fungsi people sebagai bagian dari pelayanan tidak dapat digantikan. Berikut
Jabatan
@
Jabatan
@
Manager
1 orang
Driver
10 orang
Accounting & Office Manager
1 orang
Motorcyclist
13 orang
Marketing Supervisor
2 orang
Pegawai Gudang
7 orang
IT Suppport
2 orang
Office Boy
3 orang
Customer Service
5 orang
Entry Staff
2 orang
Call Center
5 orang
Account Executif
1 orang
Admin Operational
1 orang
Staff Admin Operational
2 orang

  1. Process
Process adalah serangkaian tindakan yang diperlukan untuk memberikan produk atau jasa dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Berikut adalah J&T Express dalam hal pengiriman :
  • Konsumen datang membawa barang yang hendak dikirim
  • Pegawai mempertanyakan apa isi barang yang ingin dikirim dan menghitung berat barang yang ingin dikirim oleh konsumen tersebut
  • Setelah menghitung berat barang, pegawai dengan computer didepannya kembali berinteraksi dengan konsumen dengan bertanya alamat konsumen dan alamat yang akan dituju
  • Konsumen membayar biaya pengiriman sesuai berat dan alamat yang akan dituju
  • Pegawai memberikan resi (kode tertentu) kepada konsumen yang menandakan bahwa proses pengiriman sudah setuju dilakukan

  1. Physical Evidence
Physical evidence penampilan fisik suatu perusahaan sangat berpengaruh sekali terhadap nasabah untuk membeli atau menggunakan produk jasa yang ditawarkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar