"Sari Roti"

Produk
"Sari Roti" diproduksi oleh PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk yang berdiri
pada tahun 1995 di Indonesia. Produk yang dihasilkan berupa roti dengan bentuk
dan rasa yang beragam dalam kemasan plastik.
FOBS
memberikan asumsi analisis Strategi produk ini dengan metode bauran pemasaran
(5P) dengan sasaran segmen kepada anak-anak.
*PRODUCT
Dari segi
produk, untuk segmen anak2,
-produk ini dibungkus dengan desain yang unik dan lebih berwarna sehingga menarik perhatian konsumen khususnya anak2.
-produk ini dibungkus dengan desain yang unik dan lebih berwarna sehingga menarik perhatian konsumen khususnya anak2.
-bonus
tambahan berupa 1 bungkus susu atau varian produk lain (sosis) yang memberi
rasa tambah yang lebih bermanfaat dan memberi rasa kenyang.
*PLACE
-Penyampaian produk kepada konsumen anak-anak dilakukan di sekolah, di taman bermain, kursus belajar, ataupun restoran.
-Pelayanan kepada konsumen, apabila produk telah kadaluarsa (tidak layak untuk dikonsumsi) dapat ditukar kembali dengan produk yang baru.
*PRICE
-Pemberikan diskon harga produk kepada pembeli anak-anak ataupun kepada orang tua yang membawa anak2.
-Pemberian potongan harga untuk produk baru yang ditukar karena telah kadaluarsa.
*PROMOTION
-Produk ini ditawarkan kepada anak-anak TK maupun sekolah dasar dengan metode pengenalan akan pola makan sejak dini.
-Pemberian bonus bagi setiap pembeli yang membeli produk dengan kuantitas yang banyak. (give more if the buy more)
dan yang terakhir adalah Psycology Consumer, yaitu cara untuk mengubah sikap dan pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk. Apabila suatu produk mulai dikonsumsi dari sejak dini, akan mempengaruhi pola hidup konsumen ke depan-nya.
*PLACE
-Penyampaian produk kepada konsumen anak-anak dilakukan di sekolah, di taman bermain, kursus belajar, ataupun restoran.
-Pelayanan kepada konsumen, apabila produk telah kadaluarsa (tidak layak untuk dikonsumsi) dapat ditukar kembali dengan produk yang baru.
*PRICE
-Pemberikan diskon harga produk kepada pembeli anak-anak ataupun kepada orang tua yang membawa anak2.
-Pemberian potongan harga untuk produk baru yang ditukar karena telah kadaluarsa.
*PROMOTION
-Produk ini ditawarkan kepada anak-anak TK maupun sekolah dasar dengan metode pengenalan akan pola makan sejak dini.
-Pemberian bonus bagi setiap pembeli yang membeli produk dengan kuantitas yang banyak. (give more if the buy more)
dan yang terakhir adalah Psycology Consumer, yaitu cara untuk mengubah sikap dan pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk. Apabila suatu produk mulai dikonsumsi dari sejak dini, akan mempengaruhi pola hidup konsumen ke depan-nya.
1. Produk (product)

Tango Original Wafer merupakan wafer yang renyah dan
berkualitas dengan ukuran one bite size yang pas untuk dikunyah. Saat ini Tango
Original Wafer tersedia dalam lima varian, yaitu :
1. Wafer Tango Chocolate
Resep rahasia asli dari keahlian seorang Master
Chocolate menghasilkan kombinasi mewah wafer renyah, chocolate cream premium,
dan susu lezat di setiap gigitan.
2. Wafer Tango Susu Vanilla
Temukan perpaduan lezat kebaikan gizi susu, kerenyahan
mantap wafer Tango dan kelembutan mewah rasa vanila di setiap gigitan.
3. Wafer Tango Strawberry Jam
3. Wafer Tango Strawberry Jam
Kesegaran buah stroberi yang manis dalam kelezatan
wafer Tango Strawberry yang renyah dan legit. Keaslian rasa selai stroberinya
membuat kenikmatan yang tak habis-habisnya.
4. Wafer Tango Kurma Madu
Renyah, manis dan keaslian rasa kurma dengan sentuhan
madu yang manis dan segar membuat wafer ini semakin menggiurkan dan lezat tak
tertahankan.
5. Wafer Tango Royale Vanilla Black
5. Wafer Tango Royale Vanilla Black
Perpaduan sempurna wafer Chocolate dan kelembutan krim
vanila yang lezat, membawa anda menjelajahi kenikmatan tiada tara.
6. Wafer Tango Royale Cappuccino
Wafer rasa Italian Cappuccino yang dipadu dengan
kerenyahan wafer yang membuat wafer ini terasa mewah di setiap gigitannya.
7. Wafer Tango Fusion Chocolate Milk
Kemewahan rasa di setiap gigitan, perpaduan sempurna
dari resep rahasia. Coklat premium dikombinasikan dengan susu vanilla disatukan
dalam kerenyahan layer wafer yang berlapis-lapis.
8. Wafer Tango Less Sugar
Merupakan wafer vanilla dan cokelat yang enak dan
renyah untuk hidup yang lebih sehat. Tango Less Sugar dipersembahkan bagi
konsumen yang ingin mengkonsumsi wafer namun peduli akan kesehatan dan menjaga
kadar gula dalam darah.
9. Tango CrunchCake
Kelezatan yang hadir dalam bentuk segitiga sempurna
dengan kemewahan coklat premium yang berlimpah di atas keharmonisan lapisan
wafer dan waffle.
2. Distribusi (place)
Pendistribusian adalah kegiatan pemasaran yang
berusaha memperlancar serta mempermudah penyampain produk dan jasa dari
produsen kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperluka.
a. Saluran Distribusi
Dalam tango menggunakan distribusi yang tidak hanya
melalui supermarket, tetapi juga kepada toko-toko agar lebih mudah dijangkau
oleh konsumen.
b. Jangkauan
dapat di jangkau di seluruh indonesia
3. Harga (price)
Harga adalah apa yang harus diberikan oleh pembeli
untuk mendapatkan suatu produk (Lamb,dkk, 2001:56). Harga adalah nilai
pertukaran atas manfaat produk bagi konsumen maupun bagi produsen yang umumnya
dinyatakan dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).
Harga untuk tango sendiri berbeda-beda, sesuai dengan
besarnya ukuran (gram).
a. Daftar Harga
Tentu daftar harga juga sangat penting dicantumkan
dalam produk untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian atau
perhitungan. Berikut beberapa daftar harga Blue Band:
§ 10 gram Rp 500
§ 20 gram Rp 1.000
§ 80 gram Rp 2.500
§ 114 gram Rp 5.000
§ 171 gram Rp 10.000
4. Promosi (promotion)
Menurut Kotler dan Amstrong (2001:74), promosi
merupakan aktivitas mengkomunikasikan keunggulan produk serta membujuk
pelanggan sasaran untuk membelinya. Peran promosi dalam bauran pemasaran adalah
menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang dituju melalui
penyampaian informasi mendidik, membujuk, atau mengingatkan mereka akan manfaat
suatu organisasi atau suatu produk.
Tango Wafer bekerja sama dengan Yayasan Obor
Berkat Indonesia (OBI), Tango Peduli Gizi telah berhasil
dilaksanakan di Nias (Sumatra Utara) dan Ruteng (Nusa Tenggara Timur). Tahap
pertama program Tango Peduli Gizi di Nias dilaksanakan dalam pada bulan Juli –
Oktober 2011 untuk 10 keluarga. Tahap kedua dilaksanakan pada November 2011 –
Februari 2012 utuk 15 keluarga. Secara keseluruhan,program ini mencakup 25
keluarga Nias dimana anak-anak yang mengalami gizi buruk telah dinyatakan
sembuh setelah mengikuti program BPG pada tahun 2010, dan menyatakan
komitmennya untuk membantu keluarga lain dalam memberantas gizi buruk.
Promosi produk tango sendiri dilakukan tidak hanya
melalui media televisi tapi juga melalui media cetak (Koran, majalah).
Bauran
Pemasaran
a.
Produk

Tidak hanya melayani kebutuhan para
atlet sejati, Anda yang menyukai gaya casual pasti akan menemukan produk-produk
Nike klasik seperti Cortez dan Grand Slam Polo yang lebih sesuai dengan gaya
hidup santai dan berkualitas.
b. Harga
Salah satu cara Nike Indonesia untuk
memuaskan pelanggan adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga. yang
terletak di seluruh kota Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan
Bali selalu menggelar program diskon sepatu setiap periode-periode tertentu.
Berbagai sepatu, kaus pria dan wanita serta jaket mendapatkan harga terbaik.
Misalnya, sepatu Nike Dunk yang semula seharga Rp 1,1 jutaan kini menjadi Rp
800 ribuan. Sedangkan tipe Nike Dunk Low harga semula Rp 749 ribu menjadi Rp
525 ribu. Sepatu tipe Air Max seharga Rp 959 ribu kini menjadi Rp 671 ribu.
Untuk sepatu tipe Air Force menjadi Rp 900 ribuan dari harga Rp 1,2 jutaan.
Tidak hanya sepatu berbagai kaus dan jaket juga didiskon 30%. Jaket berbahan
parasut untuk wanita seharga Rp 729 ribu menjadi Rp 510 ribu. Sedangkan
berbagai pilihan kaus pria harga mulai Rp 200 ribuan hingga Rp 300 ribuan.
c.
Tempat
Setiap outlet Nike Indonesia
menikmati lokasi yang strategis dalam setiap kota-kota besar di Indonesia dan
beberapa kota kecil seperti Madiun, Kediri, dan Magelang. Setiap outlet telah
direncanakan dan diposisikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
Nike Indonesia di setiap daerah tertentu. Di Kota Yogyakarta sendiri terdapat
outlet Nike Indonesia , yaitu di Ambarukmo Plaza lantai dua. Lokasi yang
ini sangat strategis, karena berdekatan dengan beberapa sekolah dan perguruan
tinggi, keramaian kota dan jalur transportasi. Selain itu, juga merupakan
salah satu Mal yang memiliki banyak pengunjung sehingga memberikan
pengaruh positif bagi Nike Indonesia. Selain tempat atau lokasi
yang strategis, Nike Indonesia juga berusaha untuk menciptakan outlet yang
nyaman bagi setiap pelanggan yang datang. Kenyamanan tersebut selain dari
pelayanan prima juga diciptakan melalui segi design dan interior yang baik.
d. Promosi
Tidak terbatas pada online saja,
Nike Indonesia juga melakukan promosi dengan menjadi sponsor dalam event
besar seperti event sepakbola nasional dan icon Nike Indonesia salah satunya
Bambang Pamungkas pemain sepak bola persija Jakarta. Manfaat yang didapatkan
dari promosi tersebut akan membuat pelanggan semakin loyal kepada Nike
Indonesia dan lebih memilih untuk membeli kebutuhannya di took-toko nike
lainnya.
Maka dapat dirumuskan persaingan di
pasar minuman isotonik ditinjau dari konsep marketing mix (Produk, Harga,
Promosi, dan Distribusi) adalah sebagai berikut:
1. Product

2. Price
Selain itu, dari sisi harga, pesaing
yang ada kebanyakan menyerbu pasar minuman isotonik dengan harga yang relatif
lebih murah dibanding Pocari Sweat. Kompetisi di segmen menengah ke bawah ini,
untuk saat ini belum dirambah sepenuhnya oleh Pocari Sweat. Hal tersebut
terkait dengan keputusan strategis yang diambil oleh manajemen bahwa Pocari
Sweat tidak bersaing dari segi harga namun dari segi nilai dan manfaat produk.
Akan tetapi, dalam rangka untuk tetap mengimbangi minuman isotonik merek lain
yang harganya lebih murah, Pocari Sweat ukuran botol telah diluncurkan ke pasar
dan diperkirakan produksinya akan bertambah.
3. Promotion
Dari sisi
promosi, Pocari Sweat menetapkan strategi komunikasi pemasaran yang bersifat
edukatif, mengandalkan transfer product knowledge pada konsumen. Hal inilah
yang masih memegang kunci dalam komunikasi pemasaran dari Pocari Sweat, yang
juga memiliki keunggulan dibanding para pesaing karena kegiatan ini telah lebih
dulu dilakukan Pocari Sweat dengan posisinya sebagai pelopor.
Sementara
itu, media iklan-lah yang menjadi semacam medan pertempuran dari pemain minuman
isotonik di Indonesia. Hal ini terkait dengan strategi untuk meningkatkan brand
awareness dari konsumen terhadap merek lain selain Pocari Sweat. Secara kasat
mata melalui media iklan ini, dapat dilihat bahwa dalam persaingan minuman
isotonik terdapat perbedaan segmen masyarakat yang dituju oleh para pemain.
Pocari Sweat lebih banyak memposisikan diri sebagai minuman olahraga dan
minuman kesehatan untuk keluarga. Sedangkan, kebanyakan pesaing memposisikan
diri sebagai minuman pemulih energi untuk kalangan muda yang sedang studi dan
bekerja, disini jarang ditampilkan minuman isotonik sebagai minuman untuk
keluarga.
4. Place
Dari sisi
distribusi, hampir semua pemain di pasar minuman isotonik menggunakan channel
distribution modern dan tradisional. Dalam hal ini, terlihat kesamaan cara
pandang untuk membentuk persepsi konsumen bahwa minuman isotonik sebagai
minuman konsumsi sehari-hari dan bukan minuman yang bersifat ocassional. Di
tengah persaingan yang kompetitif inilah, Pocari Sweat yang telah membangun
jalur distribusi sejak tahun 1990-an harus menghadapi para pesaing yang
memanfaatkan jalur distribusinya. Yang meliputi seluruh wilayah Indonesia.
1. Produk

Brand Sosro
telah terbentuk melalui proses yang panjang. Sosro telah berhasil mengembangkan
merek Teh Botol Sosro menjadi merek dengan brand equity yang kuat. Beberapa hal
yang dapat dicermati dalam pembentukan brand equity ini adalah :
- Brand Awareness yang dimiliki Teh Botol Sosro dapat dikatakan telah memasuki tingkatan top of mind. Hal ini dapat dilihat dari Teh Botol Sosro dapat menjadi pemimpin pasar dalam kategori teh siap minum dalam kemasan botol.
- Perceived Quality dari Teh Botol Sosro telah terbukti selama puluhan tahun. PT. Sinar Sosro telah berhasil menjaga kualitas produk ini sehingga mendapat anggapan baik dari konsumen.
- Brand Association dari Teh Botol Sosro kuat, dapat dilihat bahwa ketika orang menyebut teh botol kemudian yang menjadi maksud dari teh botol itu sendiri adalah Teh Botol Sosro.
- Brand Loyalty dari Teh Botol Sosro juga kuat. Ini merupakan hasil dari pengembangan saluran distribusi, menjaga kualitas, dan strategi promosi yang dilakukan dengan jargon “apapun makanannya minumannya teh botol sosro”.
Hasil dari
brand equity yang kuat ini telah dirasakan oleh Sosro yaitu memudahkan PT.
Sinar Sosro untuk melakukan pengembangan pasar dengan mengenalkan produk Fruit
Tea untuk kalangan muda dan Tebs untuk pengkonsumsi minuman berkarbonasi,
selain itu PT. Sinar Sosro juga menikmati profit margin yang lebih besar, yang
terlihat dari profit margin antara agen dan distributornya .
Ada Hal
menarik untuk brand Teh Botol Sosro karena dengan penggunaan kata “Teh Botol”
kemudian memberikan asosiasi pada Sosro sendiri, yang menjadi keunggulan dari
brand ini, sehingga tidak menjadi merek biasa. Selain itu kekuatan brand equity
harus dijaga agar tetap bisa menghadapi kompetisi yang semakin ketat, karena
ketika sebuah poduk dari sebuah produsen berhasil maka kemudian produsen lain
akan mengeluarkan produk serupa. Hal ini terjadi pada munculnya teh dalam botol
dari bermacam-macam produsen seperti
Rasa teh
asli yang kini bervariasi dengan ditambahkan daun teh melati.
2. Harga
antara Rp
3000,00 hingga Rp 7000,00.
3. Tempat
Sosro
mencakup hampir seluruh wilayah nasional mulai dari Batam, Jabotabek, Jabar,
Jatim, hingga Kalimantan dan Sulawesi. Bahkan teh dalam kemasan botol Sosro
diekspor ke Australia, Vietnam, Brunei Darussalam dan Amerika Serikat.
(
Supermarket, minimarket bahkan warung .
4. Promosi
iklan-iklan
sosro yang terlihat di berbagai stasiun televisi, internet, majalah, surat
kabar, radio, dan berbagai acara-acara besar maupun kecil.
- Product

- Price
Price adalah sejumlah uang yang
harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Berikut
J&T Express dalam hal tarif pengiriman dari Banda Aceh kekota besar di
Indonesia maupun sebaliknya :
Banda Aceh –
Jakarta
: Rp 27.000
Banda Aceh –
Bandung
: Rp 30.000
Banda Aceh –
Surabaya
: Rp 38.000
Banda Aceh –
Medan
: Rp 20.000
Banda Aceh –
Bali
: Rp 37.000
Banda Aceh –
Gorontalo
: Rp 51.000
Banda Aceh –
Makassar
: Rp 42.000
Banda Aceh –
Palembang
: Rp 38.000
Banda Aceh –
Bandar
lampung
: Rp 38.000
Banda Aceh –
Batam
: Rp 38.000
Banda Aceh –
Padang
: Rp 38.000
- Place
Place merupakan kegiatan bisnis
untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah terjangkau oleh
konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang tepat. Tempat usaha
yang digunakan sebagai tempat usaha oleh J&T Express : Jl. TWK Moch
Daudsyah No.2 Peunayong Banda Aceh, Peunayong, Banda Aceh, Kota Banda Aceh,
Aceh. Ini adalah tempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh
masyarakat Kota Banda Aceh.
- Promotion
Promotion adalah kegiatan untuk
memperkenalkan suatu produk atau jasa pada pasar sasaran, untuk membangun
persepsi pelanggan mengenai produka atau jasa yang ditawarkan.
Promosi yang
dilakukan oleh J&T Express adalah sebagai berikut :
- Spanduk
- Sosial Media
- Stiker
- Poster
- Baliho
- Mulut ke Mulut
- Surat Kabar ( Media Cetak )
- People
People adalah pelaku yang memainkan peran
penting dalam penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli.
Bagaimanapun kemajuan teknologi, fungsi people sebagai bagian dari
pelayanan tidak dapat digantikan. Berikut
Jabatan
|
@
|
Jabatan
|
@
|
Manager
|
1 orang
|
Driver
|
10 orang
|
Accounting
& Office Manager
|
1 orang
|
Motorcyclist
|
13 orang
|
Marketing
Supervisor
|
2 orang
|
Pegawai
Gudang
|
7 orang
|
IT
Suppport
|
2 orang
|
Office Boy
|
3 orang
|
Customer
Service
|
5 orang
|
Entry
Staff
|
2 orang
|
Call
Center
|
5 orang
|
Account
Executif
|
1 orang
|
Admin
Operational
|
1 orang
|
Staff
Admin Operational
|
2 orang
|
- Process
Process adalah serangkaian tindakan
yang diperlukan untuk memberikan produk atau jasa dengan pelayanan yang terbaik
kepada konsumen. Berikut adalah J&T Express dalam hal pengiriman :
- Konsumen datang membawa barang yang hendak dikirim
- Pegawai mempertanyakan apa isi barang yang ingin dikirim dan menghitung berat barang yang ingin dikirim oleh konsumen tersebut
- Setelah menghitung berat barang, pegawai dengan computer didepannya kembali berinteraksi dengan konsumen dengan bertanya alamat konsumen dan alamat yang akan dituju
- Konsumen membayar biaya pengiriman sesuai berat dan alamat yang akan dituju
- Pegawai memberikan resi (kode tertentu) kepada konsumen yang menandakan bahwa proses pengiriman sudah setuju dilakukan
- Physical Evidence
Physical
evidence penampilan
fisik suatu perusahaan sangat berpengaruh sekali terhadap nasabah untuk membeli
atau menggunakan produk jasa yang ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar